Jumat, 30 Maret 2012

Serangga Tomcat Mulai Menyerang Yogyakarta




Tomcat atau rove beetle menyerang belasan warga di Kampung Celeban Kelurahan Tahunan, Umbulharjo Yogyakarta. Rata-rata warga yang terkena serangan tomcat ini tinggal di pemukiman dekat persawahan.

"Awalnya saya tidak tahu kalau penyakit yang menimpa keluarga saya ini berasal dari serangga. Saya baru tahu ketika menonton berita di televisi," kata Marsiyati 32 tahun salah satu warga RT 48/RW 07 Kelurahan Tahunan, Umbulharjo Yogyakarta, Rabu 21 Maret 2012.

Ia mengatakan, selain menimpa dirinya beserta keluarganya, penyakit kulit akibat serangan tomcat tersebut juga menyerang warga lain yang tinggal sekitar persawahan. "Ada 12 orang yang terkena penyakit seperti ini dari 8 rumah yang terkena serangan tomcat itu," ujarnya.

Marsiyati menjelaskan, gejala penyakit kulit yang dideritanya itu dimulai dengan rasa perih dan gatal disertai munculnya bercak warna merah di kulit. Selain itu kulit yang memerah dan seperti melepuh tersebut setelah beberapa hari kemudian menghitam. "Sebelumnya sudah periksa ke Puskesmas tidak sembuh, lalu berobat ke dokter kulit dan dikasih salep tapi sama saja tidak mempan," tuturnya.

Ia mengaku, serangga yang bernama tomcat ini paling banyak ditemui pada saat malam hari dan paling senang berkumpul di sekitar lampu yang sedang nyala. "Saya menyemprot serangga itu dengan membasmi hama padi (insektisida) itu hingga ada satu gelas yang mati," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Yogyakarta, Tuti setyowati saat dihubungi VIVAnews mengatakan, sekarang ini pihaknya tengah melakukan rapat dengan kepala-kepala Puskesmas se-kota Yogya untuk mengatasi serangan Tomcat yang sudah mulai menyerang warga tersebut.
"Kami baru tahu itu, ini sekarang saya sedang rapat dengan kepala-kepala Puskesmas untuk menangani itu," kata dia. 

0 komentar:

Posting Komentar