Minggu, 01 April 2012

VIDEO: Suka Duka Polwan Amankan Unjuk Rasa


Polisi wanita (polwan) ikut ambil bagian dalam mengamankan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak di Jakarta mulai 27 Maret sampai 30 Maret 2012 lalu.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisarisi Besar Rikwanto, mengungkapkan para polwan itu merupakan bagian dari ribuan polisi yang diterjunkan guna mengantisipasi terjadinya aksi perusakan.

"Dari Polda dan masing-masing Polres, jumlah polwan cantik yang diturunkan satu pleton atau sebanyak 25 orang," Rikwanto.

Mereka dengan ramah mengamankan unjuk rasa dan negosiasi kepada para penunjuk rasa. Polwan-polwan ini sudah dilengkapi keterampilan khusus jika suatu waktu negosiasi tidak membuahkan hasil sehingga terjadi kericuhan. Lihat videonya di tautan ini



Briptu Riska Oktaviani, polwan dari Polres Jakarta Pusat, mengatakan banyak suka duka selama menjadi tim negosiator unjuk rasa. Selaian ancaman keselamatan, dia juga membekali diri dengan kesabaran ekstra. Riska juga mengaku kerap digoda oleh para demostran. "Keluarga khawatir karen bersentuhan langsung dengan penunjuk rasa. Namun, kami
tetap mengedepankan tugas negara," ucapnya.

Lain lagi cerita Bripda Dwi Diyah. Dia mengaku tidak merasa khawatir dan merasa nyaman walau harus berpanas-panasan mengawal aksi unjuk rasa di depan gedung DPR. "Kalau panas ya pasti, tapi karena ini memang sudah menjadi tugas saya, jadi happy-happy saja menjalaninya," ujar dia.

0 komentar:

Posting Komentar